Tanggulangin (Di Kabupaten Sidoarjo)

Image

Image

Tanggulangin merupakan kawasan Industri kecil yang memproduksi berbagai macam jenis tas, sepatu,  sandal, tas sekolah, dompet. jaket, Ikat pinggang, tas olah raga dll. Tempat ini setiap hari tak pernah sepi dari pengunjung, apalagi dihari libur atau hari-hari besar lainnya

Ketika memasuki area Industri kecil Tanggulangin, banyak ruko yang berbaris disisi kanan jalan maupun disisi kiri jalan yang menjual berbagai macam jenis produksi khas Tanggulangin dari tas sekolah sampai dengan tas olah raga dan banyak lagi produksi lain yang telah di hasilkannya.

Pada tahun 1976 sebuah komunitas yang terdiri dari  orang-orang kampung dan  perajin mendirikan  sebuah Koperasi Industri  bernama Koperasi Intako, yang awalnya hanya menjual produksi tas dan koper saja, setelah berjalanan seiring dengan waktu, Koperasi ini berkembang pesat yang sampai sekarang anggotanya sudah mencapai 320 orang perajin dengan keahliannya masing-masing.

Bagi  pengunjung yang ingin berbelanja dan menikmati suasana sekitar area kawasan industri Tanggulangin yang berlokasi di Desa Kendensari, Kecamatan Tanggulangin, Kabupaten Sidoarjo silahkan datang  kesini, atau langsung  ke Jalan Utama No. 27 Koperasi Intako Tanggulangin Sidoarjo Jawa Timur,  Di tempat ini terdapat berbagai model tas wanita / pria, sepatu, sandal, tas sekolah, dompet jaket, tas olah raga, ikat pinggang dll, yang harganya bervariasi dari harga Rp. 50.000,- (Lima puluh ribu) sampai dengan Rp. 1.350.000,- (Satu juta tiga ratus lima puluh ribu rupiah).

Image

Pasar Atum (Di Kota Surabaya)

Pusat Perbelanjaan Pasar Atum Surabaya terletak dikawasan Surabaya Utara dengan luas tanah lebih dari 6 hektar. Lokasi yang dapat diakses dari empat arah jalan, yaitu: Jl. Bunguran, Waspada, Siaga dan Stasiun Kota menjadikan Pasar Atum sebuah pusat perbelanjaan yang strategis.

Pasar Atum merupakan pusat perbelanjaan dengan icon-iconnya yang khas menarik dimana para pengunjungnya tidak hanya datang untuk sekedar window shopping melainkan shopping buyer, dimana mereka datang untuk berbelanja. Tingkat kunjungan rata-rata setiap harinya adalah 20.000 sampai 30.000 orang per hari untuk weekday dan lebih dari 50.000 orang per hari untuk weekend. Hal yang menarik didalam berbelanja di Pasar Atum adalah seni tawar menawar antara pembeli dengan penjual pada saat transaksi karena mayoritas stand yang ada langsung dijaga oleh pemiliknya sendiri. Hal ini merupakan nilai tambah yang dimiliki Pasar Atom dibanding dengan pusat perbelanjaan lain di Surabaya.

Image

Image

Image

Wisata Belanja Tugu (Di Kota Malang)

Lokasi pasar Minggu Pagi dulunya berada di sebelahnya stadion Gajayana yang kemudian pada awal tahun 2008 dikarenakan akan dibangun MOG(Mall Olympic Garden) pemerintah setempat memindahkan lokasi ini ke lapangan Rampal di Jalan Panglima Sudirman yang berseberangan dengan Hotel Megawati dan Bale Barong Cafe.
Lokasi di lapangan Rampal yang dimiliki oleh militer dianggap kurang strategis, hingga Wisata Belanja Tugu direlokasi ke Jalan Simpang Balapan yaitu berada di sekitar bunderan depannya Ikan Bakar Cianjur (waktu itu IBC ini belum ada) dan English First (EF).
Namun beberapa bulan kemudian Pasar Minggu pagi ini kembali dipindah mendekati stadion Gajayana di mana tempat awal mula pasar pagi ini berasal. Tapi berada di badan Jalan Semeru sekaligus menutup jalan mulai dari perempatan Jalan Bromo hingga ke persimpangan Jalan Ijen. Badan jalan yang di depan De Liv digunakan untuk lahan parkir pengunjung pasar yang mulai beroperasi mulai pukul 6.00 WIB s/d 10.00 WIB .

Image

Image

Bagi Anda yang hobi memuaskan hasrat belanja, di sinilah tempat yang pas. Aneka keperluan sehari-hari hingga kuliner seperti lepat jagung, gethuk lidri, cenil, lupis, klepon, putu hingga kue modern seperti pizza, burger dan cokelat praline tersedia. Bila kudapan itu dirasa kurang nendang, ada berbagai pecel, sate, siomai, batagor, nasi rames, nasi uduk, kupang dan soto. Untuk pendampingnya, ada berbagai jus, es dan minuman hangat.
Busana seperti pakaian batik, kaos arema, pakaian untuk anak-anak, pakaian untuk perempuan, kaos dari bertemakan yogyakarta dan juga asesoris-asesoris seperti ikat pinggang, dompet, topi juga ada. Soal harga ? Hmm.. tak perlu ditanyakan lagi, karena sangat terjangkau dan bisa ditawar.
Selain itu juga ada pedagang yang menjual peralatan makan/dapur, perlengkapan tempat tidur, mainan anak, kerajinan, dan mata uang kuno untuk para kolektor atau mahar pernikahan. Wah.. rasanya hari Minggu pagi di kota Malang belum afdol kalau belum singgah ke Wisata Belanja Tugu!