Kusuma Agrowisata (Di Kota Batu)

Image

Image

Kusuma Agrowisata berdiri pada 1991 dan merupakan salah satu pioneer Wisata Agro di Indonesia. Area wisata agro Kusuma terletak pada ketinggian ±1000 meter dari permukaan laut dan berudara sejuk. Para pengunjung dapat memetik sendiri buah-buah tersebut fresh langsung dari pohon sambil berkeliling ditemani oleh seorang pemandu, yang akan menjelaskan tentang budidaya tanaman dan hal-hal yang berkaitan tentang buah-buah tersebut.

Selain wisata petik, disana juga ditawarkan wisata outbound dimana para pengunjung dapat bermain War Game di arena airsoft gun, mengendarai ATV di mini off-road track atau bergelantungan dan meluncur dari menara Flying Fox.

Para pengunjung juga dapat berkunjung pada ‘specialty’ restaurant di tempat ini, Apple House dan Strawberry House dimana lokasi wisata agro Kusuma menyajikan menu-menu special yang menggunakan bahan buah apel atau strawberry.

Image

Agrowisata Tembakau (Di Kabupaten Jember)

Image

Image

Kabupaten Jember merupakan salah satu kabupaten penghasil tembakau terbesar di Jawa Timur. Dalam perkembangannya, kebun-kebun tembakau ini tidak hanya dijadikan sebagai tempat pembudidayaan tembakau tapi juga dijadikan sebagai objek wisata. Salah satu contoh agrowisata tembakau yang berkembang di Jember adalah Wisata Agro Tembakau Jember Besoeki Na Oogst. Daerah wisata ini berada di Desa Ajung, Kecamatan Jenggawah. Agrowisata milik PT. Perkebunan Nusantara IX ini dikembangkan pada lahan seluas 1000 Ha. Disini tembakau-tembakau yang dihasilkan tidak hanya digunakan untuk produksi lokal, namun juga sudah merajai ekspor internasional ke daerah Bremen, Jerman Barat. Daya tarik utama yang ditawarkan pada objek wisata ini adalah perkebunan tembakau, gudang pemeraman, sortir dan pengepakan serta proses pembuatan cerutu “hand made”, Indopura Cigar. Terdapat juga toko cerutu dan toko souvenir hasil kerajinan khas Jember.

Bagi Wisma Belanda kunjungan ke agrowisata tembakau merupakan nostalgia, karena orang Belanda yang mula-mula  memperkenalkan tanaman tembakau khususnya di Jember, sehingga Jember dikenal dengan sebutan Kota Tembakau. Produksi Tembakau Jember hingga saat ini merupakan pemasok pasar lelang tembakau di Jerman.

Kebun Teh Wonosari (Di Kabupaten Malang)

Image

Agrowisata Kebun Teh Wonosari ini berada sekitar 30 km di utara Kota Malang, di lereng Gunung Arjuno. Tepatnya di antara dua desa, yaitu Desa Toyomarto, Kecamatan Singosari dan Desa Wonorejo, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang. Dari Kota Malang dapat ditempuh sekitar 1,5 jam. Kebun Teh Wonosari merupakan kebun teh milik PTPN XII yang berada di ketinggian 950-1250 di atas permukaan laut dan temperatur berkisar 19-25 derajat Celcius. Hamparan kebun teh ini luasnya sekitar 1.144,31 hektar. Kebun Teh Wonosari pada awalnya adalah milik orang Belanda, setelah masa kemerdekaan di nasionalisasikan oleh pemerintah Indonesia.

Jalan menuju ke kebun teh ini agak sempit, menanjak dan berliku-liku melewati jalan pedesaan, tetapi bus besar bisa juga melintasinya. Sepanjang perjalanan pemandangannya sangat indah. Setelah sampai di pintu masuk kebun teh, para pengunjung akan disambut oleh hamparan kebun teh yang hijau. Di sini disediakan areal parkir yang cukup luas sehingga Anda bisa dengan leluasa memarkirkan kendaraan Anda.

Image

Saat berada di Kebun Teh Wonosari, banyak aktivitas menarik yang bisa dilakukan. Di sini, pengunjung bukan hanya menikmati keindahan kebun teh, tetapi juga mengambil obyek-obyek panorama yang indah dan sejuk. Jika merasa lelah, pengelola telah menyediakan beberapa jenis kendaraan yang bisa digunakan. Pohon teh di sini dipetik tiap hari oleh pekerja harian yang semuanya wanita. Panorama di kebun teh ini sangat indah, selain itu udaranya sangat sejuk menyegarkan. Jika cuaca mendukung, kebun teh ini sangat tepat bagi penyuka fotografi, karena di sini memiliki banyak spot yang bisa diabadikan. Bahkan di Kebun Teh Wonosari ini juga sering digunakan untuk pengambilan foto pre-wedding.

Selain wisata alam kebunnya, di tempat ini juga terdapat berbagai pilihan fasilitas dan aktivitas. Ragam rekreasi menarik di antaranya terdapat kolam air panas. Pengunjung bisa merasakan sensasi berendam di kolam air panas di tengah dinginnya udara pegunungan. Selain itu tersedia juga ragam wahana untuk anak-anak seperti taman bermain anak dan kolam renang. Di sini juga ada area untuk camping, sehingga kita bisa bermalam dalam tenda dalam suasana alam yang sejuk. Bahkan disediakan juga sebuah kebun binatang mini. Di perkebunan ini juga sudah dilengkapi dengan arena olahraga seperti sepeda gunung, lapangan sepakbola, tenis dan bola volley.

Setelah puas berada di kebun teh, pengunjung bisa juga melihat proses pembuatan teh dengan merk Rolas. Hasil produksi teh di sini telah diekspor ke berbagai negara seperti Amerika, Eropa dan Timur Tengah. Di lokasi ini tidak hanya kebun teh yang dikembangkan, namun ada juga kebun kopi dan kakao dengan kualitas yang sangat tinggi.