PT. INKA (Di Kota Madiun)

Image

Image

Kereta menjadi alat tranportasi utama di Pulau Jawa, sekaligus pilihan favorit para traveler. Kalau mau tahu, dimana semua kereta itu dibuat, datang saja ke pabrik kereta di Kota Madiun, Jawa Timur. Pabrik kereta api di Indonesia adalah PT Industri Kereta Api Nasional (PT INKA). Pabrik kereta ini bukan destinasi wisata umum, namun orang-orang bisa berkunjung untuk mendapatkan banyak pengetahuan dan informasi tentang sejarah dan perkembangan dunia kereta hingga sekarang.

Ada 2 cara yang digunakan dalam pembuatan kereta api yang dilakukan oleh PT INKA, yaitu dengan cara mendaur ulang gerbong kereta bekas dan membuat gerbong kereta baru dari bahan baku yang sudah disiapkan.

Proses pembuatan 1 rangkaian gerbong ini memakan waktu yang cukup panjang. Dalam proyeknya, INKA saat itu gencar memproduksi Kereta Rel Diesel (KRD) dan Kereta Rel Listrik (KRL) untuk dikirim ke berbagai daerah salah satunya Kota Jakarta yang ada di Indonesia.

INKA sudah berdiri sejak tahun 1981. Ada 820 tenaga kerja yang sudah lihai merangkai desain lokomotif dan gerbong kereta untuk penumpang dan barang.

Setelah jadi beberapa unit, INKA menguji coba kereta seberapa kuat kereta ini berjalan dan layak untuk ditumpangi. Jenis kereta yang sudah diproduksi antara lain kereta penumpang kelas Eksekutif, Bisnis, Ekonomi, KRD, KRL, Kereta Barang, dan sebagainya. Tentunya berbeda pula tingkat kenyamanan yang mereka desain.

Image

Di lahan INKA juga terdapat monumen kereta yang melambangkan sejarah berdirinya INKA dan Kereta. Namun jika wisatawan ingin lebih tahu banyak tentang sejarah perkeretaapian sebaiknya Anda berkunjung ke Museum Kereta di Ambarawa, Jawa Tengah.

Kebun Raya Purwodadi (Di Pasuruan)

Kebun Raya Purwodadi adalah sebuah kebun penelitian besar yang terletak di Purwodadi, Pasuruan, Jawa Timur, Indonesia. Luasnya mencapai 85 hektar dan memiliki sekitar 10.000 jenis koleksi pohon dan tumbuhan. Kebun raya Purwodadi didirikan pada tanggal 30 Januari 1941 oleh Dr. Lourens Gerhard Marinus Baas Becking atas prakarsa Dr. Dirk Fok van Slooten pada tanggal 30 Januari 1941 sebagai pemekaran dari Stasiun Percobaan ‘s Lands Plantentuin Buitenzorg atau Kebun Raya Bogor. Kebun ini merupakan salah satu dari tiga cabang Kebun Raya Indonesia (Kebun Raya Bogor) yang masing-masing memiliki tugas dan fungsi spesifik. Kedua cabang lainnya adalah Kebun Raya Cibodas dan Kebun Raya Eka Karya Bali. Pengelolaan seluruh Kebun Raya ini berada di bawah tanggung jawab Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia.

Image

Image

Mula-mula kebun ini dipergunakan untuk kegiatan penelitian tanaman perkebunan. Kemudian pada tahun 1954 mulai diterapkan dasar-dasar perkebunrayaan yaitu dengan dimulainya pembuatan petak-petak tanaman koleksi. Sejak tahun 1980 sebagian tanaman ditata kembali menurut kelompok suku yang menganut klasifikasi sistem Engler dan Pranti. Dalam perkembangannya diharapkan Cabang Balai Kebun Raya Purwodadi akan menjadi pusat konservasi dan penelitihan tumbuhan iklim kering di daerah tropis.

Selain sebagai pusat konservasi dan penelitian tumbuhan, kini Kebun Raya Purwodadi menjadi salah satu objek wisata di Jawa Timur. Untuk mengelilingi kebun raya ini wisatawan dapat melewati jalan setapak, dengan sepeda sewaan, atau jalan aspal dengan naik mobil pribadi. Bila penat berjalan kaki, wisatawan dapat meneruskan dengan naik kereta kancil mirip kereta api mini. Berjalan ke arah timur harus berhati hati karena jalannya menurun tajam. Memang di luar sebelah timur wilayah Kebon Raya Purwodadi terdapat tempat wisata lain yang juga menarik yaitu Coban Baung, air terjun yang cukup tinggi dan memiliki hawa segar di sekitarnya.