Provinsi Jawa Timur dengan Ibu Kota Surabaya memiliki luas 47.922 km dan merupakan provinsi yang terletak di bagian paling timur Pulau Jawa. Berbatasan dengan Laut Jawa di bagian utara, Samudera Hindia di bagian selatan, Selat Bali di bagian Timur dan Jawa Tengah di bagian barat. Jawa Timur bersuhu rata-Rata 19 ° – 36°C dan terdiri dari 29 Kabupaten , 9 Kota. Jumlah Penduduk 40.313.562 jiwa (2010) dengan suku asli Jawa, Madura, Osing, Tengger, Samin dan Tionghoa. Bahasa yang digunakan penduduk di Jawa Timur antara lain Bahasa Jawa, Madura, Osing, Indonesia. Penduduk Jawa Timur menganut Agama Islam, Protestan, Katolik ,Hindu, Budha, Konghucu dan memiliki Motto khas,”Jer Basuki Mawa Beya”

Jawa Timur merupakan Provinsi yang terus berkembang dalam segala bidang, mulai dari pendidikan, ekonomi, keamanan, transportasi, komunikasi, politik dan lain sebagainya, yang sangat berkontribusi positif bagi perkembangan pariwisatanya. Berbagai kebijakan telah dilakukan untuk meningkatkan dan memperkenalkan ODTW (Obyek Daya Tarik Wisata) di Jawa Timur. Dan Jawa Timur juga telah dikenal sebagai sasaran pariwisata yang menarik, baik bagi turis domestik maupun internasional.

Image

Seperti daerah lainnya, Provinsi Jawa Timur memiliki ODTW yang khas di setiap daerahnya, termasuk di dalamnya Wisata Kuliner, Alam, Budaya, Olah raga, IPTEK, Reliji, Eco Tourism dan masih banyak lainnya.