Telaga Sarangan (Di Kabupaten Magetan)

ImageImage

Image

Telaga Sarangan sering disebut sebagai Telaga Pasir, terletak di kaki gunung Lawu. Telaga ini luasnya sekitar 30 hektar dan berkedalaman 28 meter. Dengan suhu udara antara 18 hingga 25 derajat Celsius, Telaga Sarangan mampu menarik ratusan ribu pengunjung setiap tahunnya. Memiliki berbagai fasilitas seperti hotel dan vila, track berkuda mengelilingi telaga, pasar tradisional yang menjual beragam sayuran dan buah segar, taman rekreasi dan sarana hiburan seperti kapal boat. Menjadi sangat ramai ketika hari libur seperti Lebaran (Idul Fitri).

Ranupane (Di Lumajang)

Image

Ranu Pane adalah sebuah danau hijau seluas 1 hektar. Dari tempat ini, kita bisa melihat Gunung Semeru yang berdiri megah dengan kaldera di sekitar kawah. Jalur ini adalah jalur yang paling aman untuk dilalui dan merupakan jalur eksplorasi. Di sepanjang jalur ini, kita akan dapat menikmati indahnya padang rumput Ranu Pane yang masih sangat liar dan indah. Jalur ini biasanya digunakan sebagai jalur untuk mendaki gunung Semeru (3.767m dpl) dengan panjang perjalanan yang disarankan adalah sekitar 2 hari dari Ranu Pane. Dengan mengambil rute ini kita dapat menemukan banyak pemandangan yang indah seperti: Waturenjeng, Ranu Kumbolo, Oro-oro Ombo, Cemoro Kadang, Banjangan, Kalimati, Arcopodo, Cemoro Tunggal & Mahameru waktu yang dibutuhkan dari Ranu Pane ke Mahameru adalah tentang 17 Km.

Danau Ronggojalu (di Kabupaten Probolinggo)

Image

Fasilitas yang bisa dinikmati di danau Ronggojalu ini antara lain sarana bermain anak – anak, kolam bagi anak – anak, penyewaan ban, serta aneka makanan yang dijajakan pedagang di sekitar danau ini. Selain memiliki fungsi wisata, danau ini juga berfungsi bagi warga Probolinggo dan sekitar danau sebagai sumber irigasi untuk sawah di sekitar danau.

Masih di Kabupaten Probolinggo terdapat Danau lain yaitu Ranu Klakah dan Ranu Segaran yang sangat indah dan memiliki panorama yang dapat dinikmati bersama dengan teman dan keluarga.

Image

ImageRanu Segaran

Image