Gunung Bromo (Di Antara Kabupaten Probolinggo Dan Pasuruan)

Image

 Salah satu gunung terindah di dunia ini merupakan ikon wisata alam Jawa Timur. Memiliki tinggi 2392 meter di atas permukaan air laut. Gunung Bromo memiliki 4 gunung lain yang mengelilinginya, Gunung Batok dengan ketinggian 2440 meter diatas  permukaan laut, Gunung Kursi yang mencapai 2.581 meter diatas  permukaan laut, Gunung Widodaren yang mencapai ketinggian 2.614 meter dan Gunung Witangan yang tingginya hingga 2.601 meter. Gunung ini menyajikan pemandangan Maha Indah alam Jawa Timur.

Wisatawan di Bromo dapat menikmati fasilitas seperti : Hotel, Restoran dan Vila dengan tarif termurah mulai dari Rp. 150.000,- (Seratus Lima Puluh  Ribu  Rupiah ) sampai Rp. 5.000.000,- ( Lima Juta Rupiah ) per kamar. Belum lagi dengan ramainya toko souvenir dan  aktivitas yang dapat dilakukan untuk menikmati panorama alam Bromo.

Menurut Dinas Budaya dan Pariwisata Jawa Timur, Wisatawan yang berkunjung ke Bromo kebanyakan dari mancanegara seperti, Rusia, Swiss, Belanda, Jerman, Portugal, Inggris, Itali, dan Perancis, sedangkan wisatawan lokal biasanya berasal dari daerah Jawa Timur.

Gunung Kelud (Di Kabupaten Kediri)

Image

Terletak sejauh 27 km dari pusta Kota Kediri dan merupakan gunung api yang masih aktif. Nama Kelud dalam bahasa Belanda dikenal dengan KlutClootKloet, atau Kloete dan seringkali dikenal dengan Kelut yang berarti Sapu. Wisata Kubah Lava adalah ODTW khas Gunung Kelud yang dapat dinikmat melalui Gardu Pandang. Di sana juga terdapat banyak ODTW lain seperti Flying Fox, Panjat Tebing dan lain sebagainya. Sejak tahun 2004, kondisi jalan darat di Kelud telah diperbaiki untuk mempermudah wisatawan mengunjunginya.

Image

Panorama hijau disekitar Gunung Kelud juga dapat dinikmati di siang hari dan cocok sebagai tempat jalan-jalan dan bersantai.

Gunung Semeru (Di Kabupaten Lumajang)

Image

 Dengan puncak Mahameru, Semeru merupakan gunung tertinggi di Jawa (3.676 dari atas permukaan air laut). Semeru memiliki suhu rata-rata antara 3°c – 8°c pada malam dan dini hari sementara siang hari berkisar antara 15°c – 21°c. Suhu yang dingin disepanjang rute perjalanan ini bukan semata-mata disebabkan oleh udara diam tetapi karena kencangnya angin yang berhembus dan terkadang turun salju ketika terjadi perubahan musim hujan ke kemarau dan sebaliknya.

Image

Perjalan (kaki) ke Puncak Mahameru membutuhkan waktu kurang lebih empat hari karena harus melalui beragam daerah seperti Ranu Pane, Ranu Kumbolo, Arcopodo dan lain sebagainya. Pendakian sebaiknya dilakukan pada musim kemarau yaitu bulan Juni, Juli, Agustus, dan September karena di musim hujan seringkali terjadi longsor dan badai.

Di Jawa Timur masih terdapat banyak gunung-gunung lainnya yang memiliki panorama indah dan berpotensi menjadi ODTW yang luar biasa seperti Semeru, Kelud dan Bromo. Contohnya adalah Arjuno Welirang yang terletak dekat dengan Surabaya dan Raung yang merupakan bagian dari Pegunungan Ijen.

Image

Image