Rujak Cingur Dungus Sidoarjo (Dari Kabupaten Sidoarjo)

Image

Rujak cingur adalah rujak yang terbuat dari beberapa buah, ditambah sayuran seperti cambah, dan kangkung, plus irung (hidung sapi). Sebenarnya makanan ini merupakan kuliner khas Jawa Timur yang bisa anda temukan di beberapa tempat di Jawa Timur, namun yang satu ini adalah yang terknal paling mantab, Rujak cingur Dungus Sidoarjo. Yang berbeda dari rujak lainnya adalah, bahwa sambal rujak cingur ini terbuat dari petis hitam yang merupakan olahan ikan atau udang. Jangan tertipu dengan penampilannya yang mungkin terlihat tak cantik. Rasakan dulu, baru putuskan komentar yang akan anda berikan.

Nasi Krawu (Dari Kota Gresik)

Image

Kota yang terkenal dengan pabrik Semen Gresik ini, memliki salah satu kuliner khas Jawa Timur, yaitu, Nasi Krawu. Ketika pertama kali mendengar, orang biasanya mengira bahwa nasi krawu adalah nasi dengan sayur dan kelapa parut. Tapi nyatanya bukan. Krawu adalah daging yang di potong halus dan dibumbui, kemudian digoreng agak kering. Dengan ditemani sambal trasi yang khas, anda akan selalu ingin tambah lagi. Jika ke Gresik, jangan lupa membeli kuliner khas Jawa Timur yang satu ini.

Bakso Malang (Dari Kota Malang)

ImageApa yang membuat bakso Malang beda dari bakso lainnya. Tentu saja ada, bakso Malang memiliki beragam isi yang bukan hanya gorengan. Seperti kuliner lain di kota Malang, misalnya keripik telo, ayam kampung goreng Koki Instan, keripik apel, mie setan, dll. Bakso malang adalah salah satu kuliner khas Jawa Timur yang wajib anda coba.